Selasa, 17 Februari 2009

Candi Prambanan


CANDI PRAMBANAN
Keunikan dan kemegahan kompleks percandian di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sangat potensial untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan nusantara (wisnu).
Apalagi kawasan wisata budaya candi yang tersebar di wilayah Kabupaten Klaten itu sangat mudah ditempuh, jalannya sudah beraspal, dan lebar serta berbagai moda transportasi menuju kawasan objek wisata juga relatif mudah dan murah, baik itu ditempuh dengan naik bus, angkutan kota (angkot), ojek, taksi, andong, maupun naik becak.

Kabupaten Klaten itu sendiri terletak di antara dua kota budaya, yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Kabupaten ini terbagi dalam 26 kecamatan dan 401 desa/kalurahan.
Satu hal yang menarik pada kompleks percandian di Klaten adalah jarak antara kompleks candi satu dengan lainnya tidak terlalu jauh, sehingga wisman-wisnu yang ingin berkunjung dapat sepuas hati menikmati mahakarya arsitektur, budaya yang tinggi dan berkualitas dari nenek moyang bangsa Indonesia tersebut.
Candi bukan sekadar tumpukan puluhan ribu hingga jutaan batu jumlahnya kemudian disusun menjadi bangunan, namun merupakan peninggalan purbakala, benda bersejarah hasil karya seni budaya nenek moyang yang sangat tinggi nilainya.
Selain itu, candi berkaitan erat dengan ajaran, falsafah, adat, budaya dan agama, yang satu sama lainnya saling mempengaruhi secara positif.
Hasil karya itu dapat dilihat di antaranya pada kompleks percandian yang ada di wilayah Kecamatan Prambanan, Klaten, seperti Candi Sewu, Lumbung, Bubrah dan Plaosan.
Kompleks percandian di wilayah Kecamatan Prambanan mudah dijangkau oleh wisman-wisnu melalui jalan darat dari Kota Yogyakarta, Surakarta dan kota Kabupaten Klaten.
Jarak dari Kota Yogyakarta dan Klaten ke kompleks candi di Kecamatan Prambanan sekitar 15 km. Jika wisman-wisnu menempuh dari Yogyakarta, letak kompleks percandian ini ada di sebelah timur, kalau dari kota Klaten arahnya ke barat. Sementara, wisman-wisnu yang datang dari Surakarta jarak tempuhnya sekitar 41 km ke arah barat Kota Surakarta.
Ongkos angkutan umum bus dari Surakarta ke kawasan Prambanan sekitar Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per orang, namun jika naik taksi sekitar Rp75 ribu hingga Rp100 ribu. Sementara dari Kota Yogyakarta dan Klaten, jika naik bus ongkosnya sekitar Rp5.000,00 hingga Rp10 ribu, dan kalau naik taksi sekitar Rp50 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Uripe????? - Template by Blogger Sablonlari