Selasa, 17 Februari 2009

Candi Plaosan


Klaten, merdekainteraktif.com. Plaosan terletak dua kilometer arah timur laut Candi Prambanan. Candi yang secara administratif terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten ini memiliki karakteristik bangunan yang unik. Dua candi induk Plaosan Lor merupakan candi bertingkat. Konstruksi yang demikian merupakan teknologi percandian yang cukup jarang ditemui.

Plaosan memiliki keunikan. Perpaduan budaya Hindu Budha tergambar dalam arsiktektur candi. Menurut prasasti yang ditemukan di kompleks candi, Rakai Pikatan disebut sebagai pendirinya. Candi Plaosan dibangun sebagai Dharma Rakai Pikatan bagi yang beragama Hindu kepada permaisurinya dan Pramudhawardhani untuk umat Budha.

Kompleks Candi Plaosan terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi tersebut berseberangan, dipisahkan oleh jalan desa. Candi Plaosan Lor terdiri dari dua candi induk yang dikelilingi oleh candi-candi perwara. Sementara itu, di kompleks Candi Plaosan Kidul hanya tersisa beberapa candi perwara. Pada candi induk Plaosan Lor terdapat chamber yang cukup luas. Di dalamnya terdapat 6 arca Dhyani Bodhisatwa. Diperkirakan Candi Plaosan berfungsi sebagai tempat peribadatan untuk pendeta dan umat Budha saat itu.

Letak Candi Plaosan memang agak sulit dijangkau dan akses masih terbatas. Dari kota Yogyakarta menuju Plaosan dapat ditempuh dengan menggunakan Bus Trans Jogja. Setelah turun dari Halte Prambanan, kita dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak atau dokar. Satu kali jalan baik dokar maupun becak rata-rata memasang tarif Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu. Sehingga untuk PP Prambanan- Plaosan sekitar Rp 50 ribu. Faktor inilah yang menyebabkan turis dan wisatawan enggan berkunjung. Biasanya di hari libur pengunjung yang datang sekitar 10-15 orang. Jumlah yang sangat minim bila dibandingkan dengan Candi Prambanan yang mencapai 6000-7000 orang.

Kompleks Candi Plaosan terletak di tengah-tengah ladang dan perkampungan. Hal inilah yang menjadi daya tarik ketika sampai di lokasi Plaosan. Pengunjung dapat menikmati angin yang terasa sejuk dan alam yang masih fresh. Seringkali tempat ini dijadikan objek fotografi karena pemandangan alam yang indah.

Jangan lupa untuk membuat janji untuk dijemput bila Anda menggunakan transportasi becak atau dokar karena terbatasnya sarana transportasi. Siapkan pula sumbangan sukarela sebagai pengganti tiket masuk kawasan Plaosan. Ajak teman-teman Anda, supaya perjalanan lebih menyenangkan dan menghemat biaya transportasi. (dini/nis/merdekainteraktif.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Uripe????? - Template by Blogger Sablonlari